Saturday, November 6, 2010

AMD Phenom II X6 1090T

AMD menawarkan solusi prcessor berinti enam dengan level harga processor beirinti emapt milik pesainya.
yang jadi pertnyaan apa sih processor tercepat saat ini? pertnayaan ini mucl karena bemacam banyak, mungkin untuk saat ini langsung menuju pada inter core i7980X, memang benar demikian taapi dengan harganya yang terbilang mahal mungkin akan berfikir dua kali untuk merogoh kocek yang lebih, kata orang ada rupa ada harga, tapi bagi AMD rupa yang baik tidak selalu berbading lurus dengan harga yang tinggi.

Sejak Era phenom generasi pertama, AMD mulai tren baru. mereka banyak menawarkan processor bernti lebih banya dibanding pesaingnya pada satu titik harga pasar, pendekatan pasar yang cukup efektif ini sepertinya membuat AMD ketgihan, ketika processor milik hexa-core di luncurkan, kita tahu bahwa pilihan alternatif dari AMD akan muncul , tentunya produk AMD ini akan lebih murah dibanding produk intel.

AMD phenom II X6 diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan pasar dan fansnya, kemunculan ini sekaligus memeunculkan persaingan dengan rival intinya yang telah lebih dahulu meluncurkan processor berinti 6, bersamaam dengan di luncurkannya dua varian phenom II X6 (1055T dan 1090T), AMD juga mengenalkan chipset baru yaitu 890 GX/FX untuk menemani Phenom II X6 ini. kombinasi antara Phenom II X6 Ini. 890GX/FX serta rodeon HD series 5000 mengahasilkan paltform baru yang di sebut "LEO".

walau phenom II X6 1090T memiliki jumlah inti sebanyak 6 buah, teknologi yang di gunakan untuk inti processornya tidak banyak berbeda dengan keluarga Phenom II sebelumnya. pasalnya chip ini masih menggunakan arsitektur yang sama, jadi pada dasarnya AMD hanya menepatkan 6 buah inti tersebut kedalam cangkang yang sama kepada Phenom II X4. kesamaan teknologi ini juga termasuk TDP nya yang sama dengan pemilik tahta tercepat yaitu Phenom II X4 ( sebesar 125 W. namun pemilik nama Kode (kode name) thuban ini tetap hadir dengan sesuatu yang baru.

salah satu teknologi ini adalah AMD turboCare ini bekerja saat tiga atau lebih inti processornya tidak digunakan. ketika tirboCare ini aktif, inti processor yang aktif mendapatkan kecepatan extar sebesar hingga 500 MHz, sedangkan kecepatan inti lainnya yang iddle diturunkan samapi 800 MHz. TurboCore ini bekerja secara otomatis asalkan syarat tersebut di penuhi.

AMD Phenom X6 1090T diposisikan oleh AMD untuk menggantikan Phenom II X4 965 yang sebelumnya merupakan processor tercepat milik AMD. Dengan kecepatan yang lebih rendah 200 MHz, berbekal dua inti extra serta TurboCore, pehom II X6 1090T lebih unggul dari Phenom IIx4, membuatnya tidak kehabisan amunisi ketika beraskdsi di lapangan. Sementara itu, sfesifikasi teknis lainnya berbeda, dengan 3MB L2 cache ( dengan ukuran inti/core sebesar 512 KB dan 6 MB L3 cache yang di share keenam intinya.

Processor II X6 1090T ini berjalan pada kecepatan diatas standar. Processor yang termasuk dalam Varian Black Editioin ini berhasil mencapai kecepatan 3,7 Gz (18,5x200MHz) dari standar 3,2 GHz dengan pendingin bawaan tanpa menaikan tegangan processor, dalam melakukan over clock ini dengan me-non aktifkan TurboCore serta Cool N'Quite.

(Ahmad sujana STT Mandala Bandung) sumber Info Komputer edisi July 2010

No comments:

Post a Comment